Internet Adalah, Pengertian dan Manfaat Internet

Internet Adalah, Pengertian, Definisi dan Manfaat Internet - Apa itu internet? Internet adalah jaringan atau sistem pada jaringan komputer yang saling berhubungan (terhubung) dengan menggunakan Sistem Global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Internet juga biasa di kenal sebagai interconnected-networking (singkatan dari Internet). Internet berasal dari bahasa latin, yaitu "Inter" yang memiliki arti "Antara". Jadi, apabila digabungkan kata per kata Internet adalah jaringan antara atau penghubung.

Manfaat Internet, Menghubungkan berbagai jaringan yang tidak saling bergantung pada satu sama lain sedemikian rupa, sehingga dapat berkomunikasi dan bekerja secara baik dan tanpa masalah. Internet dapat bekerja dalam sistem apapun, seperti windows, DOS atau Linux sekalipun.

Definisi Internet, Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP.

Beda Internet, beda juga dengan Intranet. Intranet adalah, Intranet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi Internet dan mulai diperkenalkan pada akhir tahun 1995. Atau bisa dikatakan Intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet, diibaratkan berInternet dalam lingkungan lokal. umumnya juga terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranet lainnya (Internetworking) melalui backbone Internet.

Intranet juga dapat diartikan sebagai sebuah jaringan private (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), digunakan untuk berkomunikasi dan berbagi (tukar menukar) informasi dalam lingkup tertentu (terbatas), misalnya dalam lingkup sebuah kantor, sekolah, atau kampus dan tempat umum lainnya.

Perbedaan intranet dengan internet adalah:
1. Tujuan dari proses komunikasi yang dijalankan. 
2. Lingkup akses dan jangkauannya
3. Metode atau teknologi yang digunakan untuk proses komunikasi


Manfaat/keuntungan penggunaan intranet:
1. Dapat meningkatkan produktifitas kerja. 
2. Dapat meningkatkan kerja sama
Memudahkan komunikasi. 
3. Efisiensi biaya
4. Kemudahan mendapatkan informasi


Kekurangan atau Kelemahan penggunaan intranet:
1. Kemungkinan terjadi hal-hal yang kurang sesuai/sopan
2. Bisa terjadi overload karena mungkin terjadi pengiriman data secara bersamaan
3. Keamanan data kurang terjaga
4. Perlu pelatihan dalam penggunaannya


Demikian penjelasan tentang Internet Adalah, Pengertian, Definisi dan Manfaat Internet. Kiranya dapat memberi manfaat. Terima kasih.

Related : Internet Adalah, Pengertian dan Manfaat Internet