Mitos Sejarah Dunia Terbesar Yang Perlu Kamu Ketahui

adam-dan-hawaMitos Sejarah Dunia Terbesar Yang Perlu Diketahui - Dikatakan, bahwa siapa saja yang tidak tahu sejarah dilarang untuk mengulanginya dan  selama banyak  kesalahan  sejarah  yang  Anda  dengar,  banyak sejarah adalah sesuatu yang tak ingin Anda ulangi. Tetapi, banyak “fakta” sejarah yang terkenal adalah mitos, tanpa dasar  apapun.  Berikut  adalah  20  contoh  yang  paling umum, yang telah menyesatkan dan membodohi orang-orang selama bertahun-tahun, dasawarsa, atau berabad-abad. Bila  lebih  banyak  orang  yang  tahu  faktanya, sejumlah pencetak sejarah besar akan dikenal (Anda kenal Ub  Iwerks?),  beberapa  orang  terkenal  akan  berhenti mengambil  keuntungan,  dan  kita  bisa  berhenti menyalahkan apel untuk segalanya! Mari mulai dengan kesalahpahaman berikut.


20. Hawa Memakan Apel Yang Buruk Satu  apel  sehari  bisa  mengusir  dokter,  tetapi mereka  masih  mempunyai  pengartian  salah  mengenai “buah  terlarang”  yang  dimakan  Hawa  di  surga,  yang menjadikan hidup semakin sulit bagi kita (ketika Adam & Hawa  diusir  dari  surga).  Kenyataannya,  tidak  ada  di manapun  disebutkan  buah  apel  dalam  cerita  Injil mengenai Adam dan Hawa. Hanya disebut “buah pohon yang ada di tengah-tengah taman” (Genesis 3:3). OK,bisa saja sebuah apel, tapi bisa saja aprikot, mangga, atau lainnya. Di dalam Qur’an disebutkan bahwa buah tersebut ialah buah khuldi.


19. Newton Tertimpa Sebuah Apel
Apel terus menuai kecaman buruk dengan cerita terkenal  bahwa  ilmuwan  Sir  Isaac  Newton  duduk  di bawah  pohon,  memikirkan  masalahnya,  ketika  sebuah apel  jatuh  di  kepalanya.  Memberinya  inspirasi  untuk hukum gravitasi, atau apel yang malang ini takkan pernah dimaafkan! Tapi ketika apel jatuh ini adalah cerita yang bagus, sebenarnya tak pernah terjadi. Cerita ini pertama diterbitkan dalam sebuah esai karya Voltaire, jauh setelah kematian  Newton.  Sebelumnya,  keponakan  Newton, Catherine  Conduitt,  adalah  satu-satunya  orang  yang pernah bercerita tentang itu. Hal ini sebenarnya adalah penemuan.


18. Walt Disney Menggambar Mickey Mouse
Salah satu karakter fiksi paling terkenal di dunia, Mickey  Mouse,  dikenal  sebagai  karya  Walt  Disney. Tetapi, Mickey adalah visi animator nomor satu Disney, Ub  Iwerks. Disney, tidak pernah menjadi seorang seniman  besar,  yang  selalu  bermasalah  dalam menggambar karakter yang menjadikan dirinya terkenal. Baginya, Iwerks dikenal sebagai animator tercepat dalam perusahaannya.  Ia  menggambar  film  pendek  Mickey pertama dengan satu tangan, Plane Crazy (1928), dalam dua  minggu.  (sekitar  700  gambar  setiap  hari)  Tetapi memberikan sejumlah peran pada Disney – ketika film dirilis tahun itu, Disney menjadi suara latar Mickey.


17.  Marie  Antoinette  berkata  “Biarkan  mereka makan kue”
Tahun  1766,  Jean  Jacques  Rousseau  menulis sebuah insiden 25 tahun sebelumnya, dimana “seorang permaisuri besar” (nama tak diketahui) diberitahu bahwa rakyatnya  tidak  memiliki  roti.  “Dan  biarkan  mereka makan kue,” ia menanggapi. Ketika Rousseau menulis ini,  Marie  Antoinette  adalah  seorang  putri  berusia  11 tahun di Austria. Revolusi Perancis baru dimulai 23 tahun kemudian. Mitos bahwa ia mengatakan kata-kata terkenal ini mungkin disebarkan oleh para propagandis revolusi, untuk  menggambarkan  tanggapan  dinginnya  terhadap penderitaan rakyat Perancis. Di poin selanjutnya dalam daftar ini, kita akan mengungkap  kisah  panjang  Napoleon,  dan  menguak bagaimana para penyihir TIDAK mati, sebagaimana yang telah Anda dengar…


16.  The  Great  Train  Robbery  Adalah  Film  Fitur Pertama
Ketika  dirilis  pada  1903,  “The  Great  Train Robbery”  mengawali  beberapa  teknik,  termasuk  cut lompat, close-up sedang dan alur cerita yang kompleks. Tetapi film fitur pertama? Film ini hanya sepuluh menit! Bahkan film pendek pun lebih panjang dari ini. Film fitur pertama adalah film 100 menit dari Australia, “The Story of the Kelly Gang”, dirilis tiga tahun kemudian. Bahkan bila  Anda  berpikir  film  fitur  sebagai  “fitur”  sebuah program sinema, maka gelarnya diberikan pada sejumlah film Perancis yang dibuat pada 1890-an.


15. Van Gogh Memotong Telinganya
Van  Gogh  dikenal  sebagai  seniman  yang kelaparan, hanya menjual satu lukisan seumur hidupnya, dan – dalam pertengkaran dengan Gauguin – memotong telinganya, tidak lama sebelum bunuh diri. Meskipun ia menghadapi  akhir  yang  tragis,  dan  lukisannya  sedikit terjual, tidak sia-sia ia menghabiskan hidupnya mengajar seni.  Ia  hanya  menghabiskan  delapan  tahun  dalam hidupnya  untuk  melukis,  yang  membantu  menjelaskan mengapa ia tidak mati kelaparan. Juga, ia tidak memotong seluruh  telinganya,  hanya  sebagian  kuping  kiri. Menyakitkan, tapi tak seburuk yang Anda kira.

14. Penyihir dibakar di Salem
Pengadilan  penyihir  Salem  (Massachusetts) tahun  1692  memimpin  pada  penahanan  150  orang,  31 diantaranya  diadili  dan  20  dieksekusi.  Meskipun pengadilan  ini  terjadi  tanpa  penyelidikan,  banyak kesalahpahaman terhadap mereka. Sebagai awalnya, 31 “penyihir”  terkutuk  tidaklah  semuanya  wanita.  Enam diantaranya  pria.  Juga,  mereka  tidak  dibakar. Sebagaimana  yang  diketahui  para  pemburu  penyihir, seorang  penyihir  takkan  pernah  dihukum  mati  dengan metode  ini.  Hukum  gantung  adalah  metode  umum- meskipun  satu  orang  dihukum  mati  dengan  melempar batu besar.


13. Napoleon Hanyalah Seorang Kopral Kecil
Sebagian  orang  percaya  bahwa  ambisi  besar Napoleon  dikarenakan  postur  tubuhnya  yang  kecil. Bukan  seperti  itu. Aslinya,  Napoleon  disebut  Le  Petit Corporal (”Sang Kopral Kecil”), tapi ia memiliki tinggi 1.7 meter – lebih tinggi daripada rata-rata orang Perancis abad ke-18. Jadi mengapa diberi gelar ini? Dalam awal karir  militernya,  para  tentara  menggunakannya  untuk mengejek pangkatnya  yang  rendah.  Nama  ini  melekat terus, bahkan sampai ia menjadi pemimpin Perancis. 


12. Raja John Menandatangani Magna Carta
Magna Carta (Perjanjian Besar) dikenal sebagai titik penting dalam sejarah, membatasi kekuasaan Raja Inggris  dan  menebarkan  benih-benih  demokrasi. Lukisan-lukisan  memperlihatkan  Raja  John menandatangani Magna Carta di sebuah padang rumput di  Runnymede  pada  tahun  1215.  Cukup  adil,  kecuali untuk satu hal. Selain penjahat, John juga buta huruf. Bila Anda melihat satu dari empat Magna Carta yang ada, ia hanya  memberikan  lambang  kerajaan.  Tak  ada  tanda tangan.


11.  Walter  Raleigh  Memperkenalkan  Kentang  Dan Tembakau Ke Inggris
Sir Walter Raleigh – penjelajah, kurir, prajurit adalah salah seorang figur mitos terbesar yang disebutkan berasal  dari  Inggris.  Sebenarnya  setiap  alasan  atas ketenarannya tidak benar. Apakah ia tampan? Menurut kesaksian  tertulis,  ia  bukanlah  lukisan  minyak meskipun katanya ia membuat terkesan Ratu Elizabeth I, dan memegang reputasi sebagai pria idaman. Apakah ia meletakkan  jaket  di  atas  genangan  air  sehingga  Ratu  dapat berjalan melaluinya? Tidak, sama sekali bohong. Paling penting, ia tidak kembali dari kunjungannya ke Dunia  Baru  (Amerika)  sambil  membawa  kentang  dan tembakau pertama Inggris. Meskipun Raleigh dikatakan memperkenalkan kentang pada 1586, malah sebenarnya tumbuh pertama kali di Italia pada 1585, dan menyebar cepat ke seluruh Eropa (bahkan melintasi Selat Inggris). Juga,  meskipun  orang-orang  dari  seluruh  Eropa menyalahkan Sir Walter karena kecanduan rokok mereka, Jean Nicot (asal usul nama ‘nikotin’) memperkenalkan tembakau ke Perancis tahun 1560. Tembakau menyebar ke Inggris dari Perancis, bukan Dunia Baru.


10. Magellan Mengelilingi Dunia
Semua orang tahu dua hal mengenai penjelajah Portugal, Ferdinand Magellan. Satu, ialah orang pertama yang  mengelilingi  dunia;  dan  dua,  pada  perjalanan berseajrahnya,  ia  dibunuh  oleh  warga  asli  Filipina. Tentunya, dua hal ini saling bertabrakan. Magellan hanya berhasil setengah jalan keliling dunia, memberikan sisa perjalanan pada asistennya, Juan Sebastian Elcano, untuk menyelesaikan pelayaran ini.


9. Nero Bermain Biola Ketika Roma Terbakar
Kita semua tahu kisah tentang Kaisar Nero yang marah yang memulai Kebakaran Besar Roma tahun 64 M, kemudian, kemudian bermain biola ketika kota terbakar. Tetapi, hal ini sangatlah tidak mungkin. Untuk satu hal, biola  baru  ditemukan  1.600  tahun  kemudian.  Baiklah, sejumlah versi cerita ini menyebutkan ia bermain seruling atau  lyre tapi  kemudian,  para  cendekiawan memindahkan  kaisar  ke  villanya  di  Antium,  30  mil jauhnya,  ketika  kebakaran  dimulai.  Meskipun  ia  tak bersalah dalam bencana ini, tetapi, banyak bukti bahwa ia kejam dan bejat.


8. Kapten Cook menemukan Australia
Banyak orang Australia setuju bahwa bukan dia yang melakukannya – kecuali alasan yang salah. Mereka akan menunjukkan bahwa, bertahun-tahun sebelum Cook tiba di Sydney tahun 1770, Australia telah dikunjungi oleh penjelajah Belanda, Abel Tasman dan Dirk Hartog, dan seorang  bajak  laut,  William  Dampier.  Tentunya,  sudah ditemukan  50.000  tahun  yang  lalu  oleh  penduduk  asli Australia. Supaya adil bagi Cook, ia memang menemukan bagian baru dari daratan ini – dan lebih penting lagi, kali ini mengikutsertakan para penetap berkulit putih pertama (kesempatan yang tidak dilakukan Tasman, Hartog dan Dampier).  Mari  katakan  Cook  menemukan  Australia! Baik,  tapi  Cook  sebenarnya  seorang  Letnan  ketika berlayar ke Daratan Selatan. Pangkat “kapten” bisa saja, tapi sangat salah – dan – dan karena ia sering dipanggil “Kapten Cook” maka bisa saja ini bagian dari namanya, inilah yang perlu diperbaiki.


7. Shakespeare menulis cerita Hamlet
William  Shakespeare  dikenal  umum  sebagai penulis  drama  terhebat  yang  pernah  hidup,  bahkan meskipun sebagian dramanya bukan asli, tapi sebenarnya adaptasi dari cerita sebelumnya. “The Tragedy of Hamlet, Prince  of  Denmark”  (1603),  bisa  jadi  dramanya  yang paling  terkenal,  didasarkan  pada  cerita  rakyat Skandinavia. Meskipun bukan versi asli cerita ini, kita bisa menganggapnya sebagai yang terbaik.


6. Amerika Serikat merdeka pada 4 Juli 1776
Tahan  kembang  apinya!  Sebagaimana  yang diketahui anak-anak sekolah Amerika (dan banyak non-Amerika),  bapak  pendiri  Amerika  menandatangani Deklarasi Kemerdekaan pada 4 Juli 1776. Tetapi, perang berkobar kembali selama tujuh tahun berikutnya sebelum kemerdekaan  dari  Inggris  diberikan  penuh  pada  3 September 1783. Pada hari itu, George III dari Inggris dan para  pemimpin AS  menandatangani  Perjanjian  Damai. (menurut saya hal ini mirip dengan perang kemerdekaan Indonesia  melawan  Belanda  setelah  1945,  tetapi  pada 1945 sudah banyak negara yang mengakui Indonesia).


5. Edison Menemukan Lampu Listrik
Thomas Edison dikenal sebagai penemu terhebat di dunia. Rekornya – 1.093 paten – masih mengejutkan kita lebih dari seabad kemudian. Hebatnya, kecuali untuk satu hal: ia tak pernah menemukan sebagian dari mereka. Kebanyakan  penemuan  Edison  adalah  hasil  dari teknisinya yang tak pernah terkenal – dan penemuannya yang paling terkenal, lampu listrik, bahkan bukan hasil dari  laboratoriumnya.  Empat  puluh  tahun  sebelum Edison  lahir,  ilmuwan  Inggris  Sir  Humphry  Davy menemukan penerangan (menggunakan filamen karbon). Selama bertahun-tahun, sejumlah inovator memperbarui model karya Davy. Masalahnya tak satupun yang dapat menyala lebih dari 12 jam sebelum filamennya pecah. Pencapaian lab Edison adalah menemukan filamen yang tepat  yang  dapat  menyala  selama  berhari-hari. Pencapaian yang besar, tapi bukan yang pertama.


4. Columbus Membuktikan Bahwa Bumi Bulat
Adalah  penulis  Amerika  Serikat  Washington Irving, sekitar 500 tahun setelah Columbus berlayar ke Amerika, yang menyebutkan penjelajah Italia ini sebagai yang  pertama  membuktikan  bahwa  Bumi  bulat, menentang  kepercayaan  Bumi  datar  pada  waktu  itu. Faktanya,  sebagian  besar  warga  Eropa  yang berpendidikan pada masa Columbus tahu bahwa Bumi bulat. Sejak abad ke-4 SM, tidak satupun yang percaya bahwa Bumi datar. Bila bukan ini masalahnya, Columbus takkan  pernah  berlayar  untuk  membuktikan  Bumi bulat… sebenarnya karena ia sendiri tidak percaya itu! Columbus mengira Bumi berbentuk buah pir. Ia berlayar untuk  membuktikan  lainnya:  bahwa Asia  lebih  dekat daripada yang dikira orang-orang. Bahkan mengenai ini, ia  salah.  Sekalian memperbaiki  catatannya,  perlu diketahui  bahwa  ia  tak  pernah  mendarat  di  daratan Amerika. Daratan yang telah ia jejaki adalah Kepulauan Bahama. Memang berbentuk buah pir!


3. Gandhi membebaskan India
Bagi  bangsa  Barat,  Mahatma  Gandhi  adalah pemimpin  gerakan  kemerdekaan  India.  Ia  berhak menggunakan ideologi kuno Ahimsa (tanpa kekerasan). Tetapi,  sebagian sejarawan  setuju  bahwa  kemerdekaan sudah  pasti  terjadi.  Gandhi  hanyalah  salah  seorang pemimpin  kemerdekaan.  Kongres  Nasional  India didirikan pada 1885, ketika ia hanya berusia 16 tahun. Ketidakpedulian  sipil  Gandhi  hanyalah  bagian  kecil dalam  gerakan  ini,  dan  sejumlah  sejarawan  bahkan mengatakan bahwa India bisa memperoleh kemerdekaan lebih awal bila mereka lebih fokus pada metode memaksa yang diterapkan 50  tahun  sebelumnya,  dan  masih didukung oleh pemimpin kemerdekaan lainnya, seperti pesaing Gandhi,  Netaji  Chandra  Bose  (yang  juga dihormati di India).


2. Yesus lahir tanggal 25 Desember
Natal  ditujukan  untuk  merayakan  kelahiran Yesus,  tapi  belum  ada  bukti,  dalam  Injil  atau  lainnya, bahwa Ia lahir di hari itu. Tak satupun yang mengatakan bahwa Ia lahir di sebuah palungan, atau bahwa ada tiga pria  bijak  (meskipun  beberapa  orang  mengatakan  tiga hadiah). Juga ada pandangan berbeda mengenai mengapa 25 Desember dipilih sebagai Hari Natal, tapi salah satu hal yang menarik adalah bahwa hari itu juga dirayakan oleh para pengikut Mithras, dewa teratas dalam kepercayaan Yunani yang berkembang di Mediterania Timur sekitar 100 SM. Para pengikut kepercayaan ini percaya bahwa Mithras lahir dari seorang perawan pada 25 Desember, dan kelahirannya disaksikan oleh para penggembala…


1.  George  Washington  adalah  Presiden  Amerika Serikat pertama
Semua orang “tahu” bahwa Washington adalah presiden pertama (sejauh ini) dari 43 Presiden AS. Tetapi , bukan  ini  yang  sebenarnya.  Pada  Revolusi  Amerika Serikat, Kongres Kontinental (atau ‘Kongres Gabungan Amerika  Serikat’)  memilih  Peyton  Randolph  sebagai Presiden  pertama.  Dibawah Randolph,  salah  satu tindakan  pertamanya  adalah  membentuk  Tentara Kontinental (sebagai pertahanan melawan Britania Raya), menunjuk  Jenderal  Washington  sebagai  komandannya. Randolph digantikan pada 1781 oleh John Hancock, yang memimpin kemerdekaan dari Britania Raya (lihat mitos #6).  Setelah Washington  mengalahkan  Britania  dalam Pertempuran Yorktown, Hancock mengirimkannya surat ucapan  selamat.  Balasan  dari  Washington  dikirimkan kepada  “The  President  of  the  United  States”. Delapan tahun kemudian, sebagai pahlawan perang, Washington sendiri menjadi Presiden yang terpilih langsung pertama di Amerika – tapi sebagai, Presiden ke-TUJUH BELAS! (menurut  saya,  Washington adalah  presiden  ke-17  bila sejarah juga mencatat para Presiden Kongres Kontinental)
Tags :

Related : Mitos Sejarah Dunia Terbesar Yang Perlu Kamu Ketahui