Media Sosial Untuk Bisnis Anda Tahun 2015

Media Sosial Untuk Bisnis Anda Tahun 2015 - Persaingan Media Sosial Untuk Bisnis sangat ketat. Sebagai pelaku bisnis, anda di tuntut untuk selalu menemukan cara-cara yang terbaik dan efektif agar mampu untuk bersaing bersama kompetitor bisnis lainnya. Banyak sekali media sosial yang dapat di gunakan untuk mempromosikan produk dagangan kita, seperti blog dan web. Lalu bagaimana jika kita yang tidak bisa atau tidak mampu atau malas untuk membuat blog atau web? Anda bisa menggunakan jejaring sosial gratis seperti Facebook dan Twitter.

Ada banyak sekali media sosial untuk bisnis anda yang dapat anda manfaat untuk memajukan bisnis anda. Namun saya ingin membahas tentang Facebook, Twitter, eCommerce dan Ocho yang menurut saya dapat dan mampu untuk membantu anda dalam mengoptimalkan bisnis anda melalui media sosial di tahun 2015.

1. Facebook 

Media Sosial Untuk Bisnis Anda Tahun 2015
Saya sengaja menempatkan Facebook dalam daftar urutan pertama untuk media sosial bisnis anda. Anda tahu bahwa saat ini pengguna aktif facebook di indonesia di tahun 2014 ini berjumlah 69 juta pengguna aktif, LUAR BIASA. Dan berdasarkan laporan, Facebook menyebutkan bahwa mereka secara total memiliki pengguna aktif bulanan sebanyak 1,28 miliar secara global dimana sebanyak 81.2% di antaranya berada di luar Amerika Serikat dan Kanada. Indonesia adalah pengguna terbesar kedua setelah Amerika Serikat. Ini tentu sangat menguntungkan bagi anda yang menggeluti bisnis online. Media sosial besutan Mark Zuckerberg ini menurut saya sangat efektif untuk promosi produk anda. Dengan banyak jumlah pengguna facebook, semakin besar juga kesempatan untuk meraup keuntungan. Jika Anda belum menguasai dunia media sosial untuk pemasaran Anda, dan ingat Gunakan media sosial dengan bijak, efektif dan efesien. 


2. Twitter



Pada posisi kedua saya tempatkan media sosial Twitter. Mengapa saya tempatkan Twitter pada posisi kedua?? Anda mungkin tahu, bahwa Twitter adalah kompetitor besar dari Facebook. Dengan jumlah pengguna aktif di Indonesia sebesar 20 juta pengguna per Juni 2014 dan Secara global, Twitter memiliki 255 juta pengguna aktif bulanan yang tertera pada laporannya yang diungkapkan pada bulan April lalu. Di Indonesia, Twitter memainkan peranan besar di bidang politik, terutama ketika Pemilihan Umum Nasional. Tweet yang mendapatkan retweet paling banyak di India adalah salah satu tweet pertama yang di-posting Perdana Menteri India terpilih Narendra Modi sesaat setelah kemenangannya dalam pemilu. Mantan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, adalah pemimpin politik di Asia yang mempunyai follower paling banyak yakni lebih dari lima juta follower. 

Dengan semakin bertambahnya para pengguna aktif Twitter, ini akan sangat membantu anda untuk mengoptimalkan dan mengembangkan bisnis anda, terutama bisnis online. Ada beberapa alasan mengapa Twitter menjadi Tools simple untuk memajukan bisnis anda :

  1. Community Building. membuat komunitas yang kuat dari followers yang akan membantu meningkatkan brand awareness, visibilitas, dan engagement untuk bisnis Anda.
  2. Relasi Dengan Media, memberikan updates info, event, ide, dan cerita-cerita yang relevan dan membuat audience Anda tertarik.
  3. Hubungan Pelanggan. Gunakan Twitter untuk terlibat dengan pelanggan yang mungkin memiliki pertanyaan atau masalah;
  4. Promosi Event. Twitter dapat mendorong banyak orang untuk hadir dalam acara Anda atau acara di mana Anda mengambil bagian.
  5. Special Alerts.  Memberikan “alert” kepada pelanggan untuk produk baru, penjualan khusus dan penawaran eksklusif.
  6. Branding dan Awareness. Gunakan Twitter untuk meningkatkan awareness tentang bisnis Anda dan produk-produk Anda.
  7. Membangun pengaruh/influence. Berbagi informasi ke followers Anda value dan mereka akan melihat Anda sebagai sumber informasi yang penting.

3. eCommerce

Bisnis eCommerce memiliki banyak sekali jenisnya seperti Daftar Iklan Baris, Marketplace C2C (Customer to Customer), Shoping Mall, Toko Online (Business to Customer) dan Sosial Media Shop. Untuk Social Media Shop ini ada berhubungan dengan bisnis online melalui  media sosial seperti Facebook dan Twitter. 


4. Ocho

Secara global, Twitter memiliki 255 juta pengguna aktif bulanan yang tertera pada laporannya yang diungkapkan pada bulan April lalu.

Baca juga: Pengguna aktif Twitter di Indonesia hampir mencapai angka 20 juta http://id.techinasia.com/pengguna-aktif-twitter-di-indonesia-hampir-mencapai-angka-20-juta/
Secara global, Twitter memiliki 255 juta pengguna aktif bulanan yang tertera pada laporannya yang diungkapkan pada bulan April lalu.

Baca juga: Pengguna aktif Twitter di Indonesia hampir mencapai angka 20 juta http://id.techinasia.com/pengguna-aktif-twitter-di-indonesia-hampir-mencapai-angka-20-juta/
Secara global, Twitter memiliki 255 juta pengguna aktif bulanan yang tertera pada laporannya yang diungkapkan pada bulan April lalu.

Baca juga: Pengguna aktif Twitter di Indonesia hampir mencapai angka 20 juta http://id.techinasia.com/pengguna-aktif-twitter-di-indonesia-hampir-mencapai-angka-20-jutaPengguna Twitter di Indonesia menempati posisi ke 3 setelah
Saya yakin belum banyak yang mengenal tentang media Ocho ini. Ocho merupakan media sosial ber-flatform video. Dengan Ocho juga anda dapat membuat komunitas bisnis, anda dapat mengupload video bisnis anda atau menawarkan produk kepada konsumen melalui video. Pengguna atau konsumen dapat membalas melalui video, bukan teks dan menciptakan ruang yang lebih terasa hidup. Lalu apa keuntungan dari Ocho ini? Ocho memiliki potensi yang tertarget, para penonton video kita sangat dilibatkan secara langsung, ini akan menjadi ruang baru yang ideal untuk menggalang keterlibatan.

Demikianlah artikel tentang  Media Sosial Untuk Bisnis Anda Tahun 2015 ini. Kiranya dapat membantu dalam mengembangkan bisnis anda di tahun 2015 ke depan. Terima kasih.








Related : Media Sosial Untuk Bisnis Anda Tahun 2015