Berapa Sih Biaya Sekolah Pilot di STPI Indonesia?

Berapa Sih Biaya Sekolah Pilot di STPI Indonesia? - Kamu tahu bahwa ternyata Indonesia membutuhkan setidaknya 500 pilot baru dalam setahun. Ini kesempatan emas buat kamu yang ingin menempuh pendidikan sekolah pilot. Namun untuk menjadi pilot tidak mudah, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi. Berdasarkan penjelasan informasi yang saya dapat, biaya sekolah pilot sebesar Rp. 500 juta per orang dengan masa pendidikan selama 2 tahun. Jangan kaget dulu, disini pemerintah memberikan bantuan sebesar 400 juta sebagai beasiswa. Jadi biaya yang harus ditanggung oleh para calon pilot (siswa) adalah sebesar 100 juta. Dan sebagai informasi penting, beasiswa ini hanya khusus berlaku untuk sekolah penerbangan milik pemerintah di Curug dan Banyuwangi STPI ( Sekolah Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia). Baca Juga 10 Sekolah Pilot Penerbang Terbaik Lengkap Dengan Biayanya


Adapun syarat menjadi pilot (baca juga 13 Cara dan Syarat Menjadi Pilot TNI AU) adalah :
  1. Usia min. 17 tahun
  2. Memiliki Ijazah minimal SMA SMK/STM atau sederajat
  3. Berkelakuan baik, dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  4. Berbadan sehat, dibuktikan dengan hasil Medical Examination dari Balai Kesehatan Penerbang, Kemayoran – Jakarta Pusat
  5. Tinggi min 170 cm untuk laki dan 165 cm untuk wanita.
  6. Mata tidak boleh minus, setelah lulus diperbolehkan mengenakan kacamata.
  7. Berbahasa Inggris aktif baik listening maupun speaking. Bila belum lancar, kami akan menyediakan paket kursus bahasa Inggris selama 1 bulan.

Biaya pilot pesawat berbeda dengan biaya pilot helikopter. Untuk biaya menjadi pilot helikopter adalah sebesar Rp 820 juta. Biaya sebesar ini merujuk pada PP No. 74 Tahun 2013, yaitu sebesar Rp 820 juta. Dulu biaya sekolah pilot atau penerbang ini adalah gratis. Setelah ada kebijakan baru pada November 2013, sehingga ada pengenaan biaya yang berlaku mulai awal tahun 2014.

STPI memiliki 30 pesawat latih di Curug, sementara di Banyuwangi ada 8 pesawat latih khusus para siswa atau calon pilot. Bagaimana, kamu tertarik untuk sekolah pilot? Demikian informasi tentang biaya sekolah pilot. Kira dapat bermanfaat sebagai informasi.

Related : Berapa Sih Biaya Sekolah Pilot di STPI Indonesia?