Pentingkah Pasang Breadcrumbs Di Blog?

Pentingkah Pasang Breadcrumbs Di Blog? - Pentingkah Pasang Breadcrumbs di blog atau benarkah breadcrumbs tidak seo friendly buat blogger? Pernyataan ini menjadi pemikiran saya selama beberapa hari ini. Ada yang berpendapat bahwa Breadcrumbs baik buat SEO dan Breadcrumbs tidak SEO Friendly. Dan ada yang berpendapat bahwa banyak Blog atau Web tanpa pasang Breadcrumbs ternyata mampu bersaing bahkan menduduki 10 besar halaman pertama google. Sebut saja raksasa internet seperti Google, Facebook, Twitter dan raksasa internet lainnya mereka tidak memasang Breadcrumbs. Blog terkenal dari Indonesia lainnya pun kebanyakkan tidak memasang Breadcrumbs.
Pentingkah Pasang Breadcrumbs Di Blog

Bahkan ada yang berani mengatakan bahwa tidak penting pasang Breadcrumbs di blog, dengan alasan banyak sekali artikel-artikel yang tanpa pasang breadcrumbs menempati halaman pertama google. Memang saat ini banyak sekali blog atau web yang memasang breadcrumbs, tetapi semua itu adalah web atau blog yang menjadi terkenal atau populer dan memiliki SERP yang bagus di mata Google.

Apa Itu Breadcrumbs ?

Breadcrumb atau Breadcrumbs adalah sebuah navigasi untuk memudahkan pengunjung mengetahui posisi mereka sedang berada dimana, layaknya sebuah peta atau map breadcrumbs ini memudahkan kita mengetahui posisi dimana kita sedang berada. Breadcrumbs ini memang sangat membantu pengunjung ataupun visitor, namun untuk hal SEO breadcrumbs ini tidak cocok untuk dipakai ataupun dipasang.

"Unfortunately Breadcrumbs destroy the advantages of Permalinks which play great role in targeting rich keywords,". Di hasil pencarian Google (SERP), Breadcrumbs menutup atau mengganti permalink atau url posting blog yang biasa mengandung kata kunci.

Ada beberapa alasan yang pernah saya baca mengapa Breadcrumbs Tidak Penting Buat SEO :
1. Tidak di rekomendasikan oleh Google 
 ( https://support.google.com/webmasters/answer/185417?hl=en ) 

2. Membingungkan robot pencari
Robots mesin pencari akan kebingungan saat akan mengcrawl atau mengindex situs blog Anda, karena terlalu banyak judul yang menumpuk jadi dalam satu /search dan juga dalam label blog Anda. 

3.  Website besar seperti Google tidak pasang Breadcrumbs 
Website  Google, Facebook, Wikipedia, Twitter tidak memasang Breadcrumbs, Jika para raksasa tersebut memasang breadcrumbs, kemungkinan akan terjadi penumpukan label pada setiap judul. 

4. Menggunakan Breadcrumbs vs Tanpa Breadcrumbs
Silahkan anda bandingkan sendiri di Google, antara Breadcrumbs vs Tanpa Breadcrumbs. Mayoritas penguasa halaman awal google adalah blog atau web tanpa breadcrumbs. 

5. Breadcrumbs Mengurangi Kata Kunci
Seperti yang telah saya jelaskan diatas "Breadcrumbs menutup atau mengganti permalink atau url posting blog yang biasa mengandung kata kunci".

6. Raja SEO
Sang raja SEO Matt Cutts, Matt Cutts juga memiliki sebuah blog dan tidak menggunakan breadcrumbs pada blognya silahkan cek di www.mattcutts.com/blog/

Kesimpulan Saya : Semua tergantung pada diri pribadi anda, apakah anda ingin tetap pasang Breadcrumbs atau tidak. Semua ini hanya merupakan "unek-unek" saya yang mungkin bermanfaat. 


Cara Pasang Breadcrumbs

Lalu bagaimana cara memasang Breadcrumbs tanpa terindex google dan pada halaman postingan tetap ada menu Breadcrumbs sebagai navigasi??

Berikut cara yang mungkin dapat membantu anda. Saya pun telah mencobanya dan berhasil :

1. Silahkan anda cari kode berikut pada edit HTML anda :
<b:includable id='breadcrumb' var='posts'>...</b:includable>
2. Lalu silahkan anda ganti kode diatas dengan kode di bawah ini :
<b:includable id='breadcrumb' var='posts'><b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> &#187; <span><data:blog.pageName/></span></div><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><!-- breadcrumb for the post page --><b:loop values='data:posts' var='post'><b:if cond='data:post.labels'><div class='breadcrumbs' xmlns:v='http://rdf.data-vocabulary.org/#'><span typeof='v:Breadcrumb'><a expr:href='data:blog.homepageUrl' property='v:title' rel='v:url'>Home</a></span><b:loop values='data:post.labels' var='label'>&#187; <span typeof='v:Breadcrumb'><a expr:href='data:label.url' property='v:title' rel='v:url,noindex'><data:label.name/></a></span></b:loop>&#187; <span><data:post.title/></span></div><b:else/><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> &#187; <span>Unlabelled</span> &#187; <span><data:post.title/></span></div></b:if></b:loop><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'><!-- breadcrumb for the label archive page and search pages.. --><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>Archives for <data:blog.pageName/></span></div><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'><div class='breadcrumbs'><b:if cond='data:blog.pageName == &quot;&quot;'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>All posts</span><b:else/><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>Posts filed under <data:blog.pageName/></span></b:if></div></b:if></b:if></b:if></b:if></b:if></b:includable>
 3. Anda lihat kode yang saya beri warna merah, itu adalah kode agar Breadcrumbs tidak terindek oleh Google.

Anda dapat membandingkan sebelum dan sesudah pasang Breadcrumbs di Rich Snippets

Kode diatas adalah kode dari CSS Template Johny Wuss, dan telah saya buktikan sangat bekerja 100%.

Demikianlah artikel tentang Pentingkah Pasang Breadcrumbs Di Blog? kiranya dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih..



Tags :

Related : Pentingkah Pasang Breadcrumbs Di Blog?