Asal Usul Kulit Belang Si Zebra

Asal Usul Kulit Belang Si Zebra - Kamu tahu Zebra yang berwarna belang bukan? Pasti tahu dong. Ya, Zebra adalah hewan yang memiliki habitat asli di Afrika Selatan, Afrika Barat, dan Afrika Timur. Perlu diketahui, Zebra memiliki 3 jenis. Pertama adalah jenis yaitu Zebra Gunung (Equus zebra), Zebra Dataran (Equus quagga) dan Zebra Primitif (Equus grevyi). Zebra memiliki warna belang, hitam dan putih. Mengapa Zebra berwarna belang hitam dan putih? Ini berfungsi untuk membuat bingung predator yang akan memangsanya. Warna belang juga berfungsi untuk menyamarkan bentuk asli Zebra.

Asal-Usul-Kulit-Belang-Si-ZebraBrenda Larison, seorang ilmuwan dari University of California, Los Angeles berhasil menemukan tentang asal usul kulit belang si Zebra. Menurut Brenda, Temperatur berperan penting dalam menentukan jenis, ketebalan, dan jumlah belang pada kulit si zebra. Zebra yang tinggal di habibat yang hangat, Zebra akan memiliki warna atau pola belang yang lebih tegas dan menutupi semua tubuhnya. Sementara Zebra yang tinggal di habitat yang dingin, Zebra akan memiliki warna atau pola belang yang sedikit, warna hitam dan putih yang lebih terang. Perlu diketahui, Zebra yang tinggal di daerah bersuhu rendah tidak memiliki belang pada keempat kakinya.


Brenda Larison, mengatakan bahwa warna kulit zebra berevolusi memiliki empat tujuan yaitu menghindari predator, melindungi dari penyakit, menyesuaikan suhu lingkungan, dan kohesi sosial. "Riset kami membuktikan pengendalian suhu tubuh zebra yang paling menentukan pembentukan belang di kulit zebra," demikian yang dikatakan oleh Brenda Larison. 

Perlu diketahui juga bahwa Zebra Betina pada usia 3 tahun telah siap untuk kawin. Sedang Zebra Jantan siap kawin pada usia 5 tahun. Jarak melahirkan Zebra adalah 12 bulan.

Related : Asal Usul Kulit Belang Si Zebra