5 Hal Yang Sering Ditanyakan Orang Non-Muslim Kepada Orang Yang Sedang Puasa Ramadhan

5 Hal Yang Sering Ditanyakan Orang Non-Muslim Kepada Orang Yang Sedang Puasa Ramadhan - Bagi umat muslim, menjalankan puasa Ramadan selama sebulan atau 30 hari penuh adalah ibadah yang diwajibkan. Namun ada kalanya saat menjalankan ibadah puasa, ada pertanyaan atau pernyataan yang dilontarkan oleh teman non-muslim yang menggelitik dan terkadang menggoda untuk membuat orang yang sedang berpuasa batal. Seperti dikutip dari independent.com, ada sekian hal yang sering dikatakan orang non-muslim kepada muslim yang berpuasa Ramadan, seringkali terdengar lucu namun sebenarnya tidak terlalu baik dikatakan, seperti berikut ini.

1. Apakah Benar Kamu Tidak Makan dan Minum Selama 30 Hari
Tidak benar jika umat muslim tidak makan dan minum sama sekali selama Ramadan. Siapa pun yang melakukan hal itu pasti sudah lama mati. Namun masih banyak yang salah sangka dna mengira umat muslim tidak makan sama sekali selama sebulan. Alhasil, pertanyaan semacam ini masih sering dilontarkan oleh teman-teman non-muslim.

Baca Juga : 5 Makanan Berbahaya Saat Ramadhan

2. Kamu Yakin, Aku Boleh Makan di Depan Kamu?
Tentu saja, silahkan makan di depan orang yang sedang berpuasa.  Tidak ada yang salah dan melarang hal itu. Salah satu prinsip berpuasa adalah mengendalikan hawa nafsu dan disiplin diri. Jadi, jika ada yang makan saat Anda sedang berpuasa, maka itu dilihat sebagai cobaan atau ujian. Apakah Anda bisa menahan hawa nafsu atau tidak. Namun seringkali orang enggan makan di depan orang yang sedang puasa untuk menghormati yang sedang puasa.

3. Kenapa Sih Kamu Tidak Makan dan Minum? Itu Kan Tidak Baik Buat Tubuh Kamu
Seringkali orang non-muslim melihat puasa sebagai hal negatif karena tubuh tidak mendapat asupan makanan selama sekian jam setiap harinya. Mengapa harus melakukan hal itu? Itu menyusahkan diri sendiri dan lain sebagainya. Memang ada kalanya sulit menjalankan puasa, namun bulan Ramadan adalah bulan spesial dan umat muslim belajar banyak dari berpuasa, seperti misalnya mensyukuri apa yang ia miliki, belajar mengendalikan diri dan hawa nafsu, belajar disiplin, dan merasakan bagaimana penderitaan orang-orang yang kelaparan, bahkan baik untuk kesehatan.

Baca Juga 5 Jenis Makanan Yang Dapat Mengobati Rematik

4. Puasa Ramadhan Cara Yang Bagus Buat Diet Ya?
Banyak juga yang bilang seperti ini. Meskipun memang menjadi salah satu cara yang baik untuk menurunkan berat badan, tapi tujuan sebenarnya adalah untuk beribadah. Bahkan bukan hanya menurunkan berat badan saja, puasa juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh seperti misalnya kemampuan otak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki sensitivitas insulin.

5. Kamu Pasti Lapar Ya? Makan Saja, Tidak Ada Yang Liat Kok
Meski memang terdengar keterlaluan, tapi ini cukup wajar dikatakan mereka yang tidak pernah mengalami puasa Ramadan. Bukan hanya menghindari makan dan minum tapi juga belajar mengendalikan hawa nafsu dan disiplin diri. Belajar bagaimana menjaga hati dan emosi dalam keadaan seperti itu adalah tantangannya.

Baca Juga 5 Wanita Paling Cantik Di Dunia

Lagipula puasa ini hanya sebulan dan akan ada perayaan besar di ujung Ramadan yang bernama Idul Fitri di mana seringkali lebih meriah dari perayaan lainnya.



Related : 5 Hal Yang Sering Ditanyakan Orang Non-Muslim Kepada Orang Yang Sedang Puasa Ramadhan